English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean
by : BTF

Nov 6, 2009

SUMPAH PEMUDA


Sumpah Pemuda merupakan sumpah asli yang diucapkan oleh para pemuda Indonesia, beranggotakan para pemuda dan para pelajar yang bersatu. Yang berisi :
1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia
2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia
Sumpah Pemuda ini bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan di jiwa para pemuda Indonesia. Menurut Moh Yamin ada 5 faktor yang memperkuat persatuan pemuda yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendiikan dan kemauan untuk bersatu.

Menurut pendapat Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, anak-anak Indonesia harus mendapat pendidikan berkebangsaan, dan di imbangi dengan pendidikan di sekolah dan di rumah, serta anak juga harus dididik demokratis dan nasionalisme.
Untuk itu, para pemuda sekarang bangkitlah, untuk menuju negara yang tentram dan aman, menuju masa depan yang cerah,mengentaskan negara Indonesia dari keterpurukan yang tak henti-hentinya melanda negara kita ini. Jangan sia-siakan perjuangan pra pemuda dahulu yang menginginkan Indonesia menjadi negara yang maju. Masa depan negara kita ada di tanganmu...Lanjutkan
Apabila kita ingin mengetahui lebih lanjut mengenai banyak hal tentang Sumpah Pemuda kita bisa menunjungi Museum Sumpah Pemuda yang berada di Gedung Sekretariat PPI Jl. Kramat Raya 106 Jakarta Pusat. Museum ini memiliki koleksi utama seperti biola asli milik Wage Rudolf Supratman yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta foto-foto bersejarah peristiwa Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 yang menjadi tonggak sejarah pergerakan pemuda-pemudi Indonesia.


0 comments:

Post a Comment | Feed

Post a Comment



 

rese



ngome

Followers

Intoen Copyright © 2009 Premium Blogger Dashboard Designed by SAER Blogger Templates